Selasa, 07 Januari 2014

Geriatri


Rumah Sakit Antam Medika  berkomitmen  melayani dengan sepenuh hati dan senantiasa menyelenggarakan layanan kesehatan  paripurna, bermutu, sertaefisien. RS. Antam Medika diperkuat oleh tim medis  ahli dan berpengalaman yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan bagi pasien beserta keluarga.

Apakah Layanan Geriatri?
Pasien geriatri (berusia lebih dari 60 tahun atau lansia) membutuhkan penanganan yang berbeda dibandingkan dengan pasien dewasa muda. Hal tersebut disebabkan karena pasien geriatri memiliki reaksi yang berbeda terhadap penyakit, selain terdapat juga kondisi yang secara khusus terkait dengan penuaan. Kondisi khusus tersebut misalnya masalah kesehatan yang biasanya ditemukan pada pasien geriatri seperti, inkontinensia, sering terjatuh, masalah memori, dan efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan. Umumnya pasien geriatri memiliki penyakit ganda, seperti komplikasi diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung koroner. Pasien geriatri juga memiliki gejala dan tanda penyakit yang tidak khas dan daya cadangan faal menurun yang disertai gangguan fungsional. Disamping itu, selain faktor usia, faktor sosial yang bermasalah juga mempengaruhi kondisi kesehatan pasien geriatri.

Apakah Tujuan Layanan Geriatri?
Para Lansia membutuhkan layanan perawatan geriatri yang bertujuan:
1. Mempertahankan derajat kesehatan setinggi-tingginya sehingga terhindar dari penyakit atau gangguan/kesehatan.
2.  Memelihara kondisi kesehatan dengan aktivitas fisik sesuai kemampuan dan aktivitas mental yang mendukung. 
3.  Melakukan diagnosis dini secara tepat dan memadai.
4.  Melakukan pengobatan yang tepat.
5.  Memelihara kemandirian secara maksimal.
6.  Memberikan bantuan moril dan perhatian para lansia agar dapat mengupayakan kesehatan dan ketenangan jiwa sampai akhir hayat mereka. 


Bagaimana Penanganan Pasien Geriatri?
Penanganan terhadap pasien lansia dengan permasalahan kompleks sangat memerlukan suport dari tim medis geriatri terpadu. Tim medis geriatri terpadu Rumah Sakit Antam Medika 
terdiri dokter spesialis interdisipliner yang meliputi internis, psikiater, dokter gigi, ahli gizi, apoteker, perawat, serta dokter spesialis dan terapis rehabilitasi medik. 
Berorientasi pada pasien, melalui menyusun program pengobatan dan pemeliharaan kesehatan yang rasional, tim terpadu geriatri Rumah Sakit Antam Medika melakukan pendekatan asesmen geriatri secara menyeluruh. Melalui pendekatan asesmen geriatri yang terarah dan terpola, maka kemungkinan terjadinya mis diagnosis (kesalahan diagnosis) terhadap pasien dapat dihindari.

Siapa yang Perlu Mendapatkan Pelayanan Geriatri?
1.  Pasien Usia Lanjut  (lansia) yang berusia 60 tahun ke atas.
2.  Lansia yang menderita lebih dari 1 penyakit kronis atau degeneratif dengan/atau tanpa disertai penyakit akut.
3.  Lansia yang menghadapi kesulitan untuk berjalan, mengalami jatuh, atau imobilisasi.
4.  Lansia yang menghadapi masalah untuk merawat diri sendiri, seperti kesulitan makan atau berpakaian.
5.   Lansia yang mengalami penurunan daya ingat dini atau gangguan tingkah laku dini.
6.  Lansia dengan masalah kesehatan lain seperti osteoporosis, penyakit parkinson, artritis, gangguan berkemih (Inkontinensia urin), atau gangguan buang air besar.

Fasilitas Layanan Geriatri RS Antam Medika
1. Poliklinik Umum
2. Poliklinik Spesialis
3. Rawat Inap
4. Klinik Siang
5. Klinik Memori
6. Klinik Gizi
7. Laboratorium
8. Senam Pagi Lansia
8. Penitipan
9. Klinik Imunisasi
10. Kunjungan Rumah



0 komentar

Posts a comment

 
© Antam Medika
Designed by Team AntamMedika
Back to top