Minggu, 27 Mei 2018


Pelatihan Basic Life Support


Kecelakaan dapat terjadi di mana saja kapan saja dan dialami oleh siapa saja. Mulai dari kecelakan yang ringan hingga yang mengancam nyawa, semua memerlukan penanganan yang tepat dan cepat tentunya mengurangi tingkat kesakitan, keparahan bahkan dapat menyelamatkan nyawa.
Kejadian yang mengancam nyawa dapat terjadi di manapun. Salah satu penyebab kematian tercepat adalah cardiac arrest. Penyebab utama dari cardiac arrest adalah aritmia, yang dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya penyakit jantung koroner, stress fisik (perdarahan yang banyak, sengatan listrik, kekurangan oksigen akibat tersedak, tenggelam ataupun serangan asma yang berat), kelainan bawaan, perubahan struktur jantung (akibat penyakit katup atau otot jantung) dan obat-obatan. Penyebab lain cardiac arrest adalah tamponade jantung dan tension pneumothorax. Cardiac arrest dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Hal ini dapat juga terjadi secara tiba-tiba pada seseorang yang terlihat sehat, dan menyebabkan kematian yang mendadak atau sudden cardiac death (SCD). Hal ini merupakan suatu kegawat daruratan medis, dapat berpotensi untuk membaik jika ditangani seawal mungkin. Penanganan pertama untuk cardiac arrest adalah cardiopulmonary resuscitation (biasa disebut CPR) yang akan mendukung sirkulasi peredaran darah sampai tersedia perawatan medis yang pasti.
Golden Periode(waktu emas) pada korban yang mengalami henti napas dan henti jantung adalah dibawah 10 menit. Artinya dalam watu kurang dari 10 menit penderita yang mengalami henti napas dan henti jantung harus sudah mulai mendapatkan pertolongan. Jika tidak, maka harapan hidup si korban sangat kecil. Adapun pertolongan yang harus dilakukan pada penderita yang mengalami henti napas dan henti jantung adalah dengan melakukan resusitasi jantung paru / CPR.
Di negara maju, kemampuan untuk melakukan CPR seudah jamak diajarkan bagi umum. Semua orang sangat dianjurkan untuk memiliki kemampuan ini yang termasuk dalam Bsic Life Support/Bantuan Hidup Dasar. Bagi sebuah institusi yang mengusung nilai-nilai keselamatan (safety first) , pengajaran kemampuan ini mendatangkan nilai lebih yang layak diperhitungkan.
Keuntungan Mengadakan Pelatihan BLS Bagi Perusahaan
1. Mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat kecelakaan
2. Menekan biaya kesehatan
3. Perusahaan dapat mengunggulkan nilai safety first
4. Mencitrakan perusahaan yang maju dan berwawasan tinggi
Tujuan
1. Peserta mampu mengenali tanda-tanda bahaya yang mengancam nyawa
2. Peserta mampu melakukan bantuan cepat untuk menyelamatkan nyawa
3. Peserta mampu melakukan cardiac pulmonary resuscitation dengan benar
4. Peserta mampu melakukan perujukan dan transportasi pasien sakit dengan tepat
Standar Kompetensi
1. Pengenalan survei airway – breathing – circulation
2. Penanganan gangguan jalan nafas
3. Penanganan tersedak
4. Penanganan pingsan
5. Penanganan heat stroke
6. Penanganan awal syok
7. Penanganan trauma dan perdarahan
8. Penanganan awal luka bakar
9. Transportasi korban kecelakaan
10. Cardiac Pulmonary Resuscitation
RS Antam Medika menyediakan pelatihan Basic Life Support bagi perusahaan maupun institusi, segera hubungi RS Antam Medika untuk mendapatkan penjelasan dan keterangan lebih lanjut.

0 komentar

Posts a comment

 
© Antam Medika
Designed by Team AntamMedika
Back to top