Selasa, 05 November 2013

Pemeliharaan Kesehatan Mata Anak

Apakah masyarakat mengetahui bahwa setidaknya satu dari empat anak di dunia mengalami masalah gangguan penglihatan yang tidak pernah diketahui? Masalah kesehatan mata anak akan menimbulkan masalah besar saat dewasa karena kualitas kehidupan yang rendah akibat kurangnya pendidikan. Sehingga sangat penting peran para orang tua untuk melindungi penglihatan anak-anaknya sedini mungkin.
Pemeliharaan kesehatan mata sebaiknya dilakukan pada usia yang sangat dini, kebanyakan bayi saat dilahirkan tidak mempunyai masalah penglihatan akan tetapi bukan tidak mungkin sejalan dengan proses tumbuh kembangnya dapat mengalami gangguan penglihatan. Sebagian bayi dilahirkan dengan gangguan yang cukup serius pada matanya, beberapa antara gangguan tersebut tidak dapat terlihat dengan jelas, sehingga memerlukan waktu yang lama untuk menegakkan diagnosa pasti.
Ketika mengalami gangguan penglihatan anak-anak mempunyai keluhan dan tanda yang sama dengan orang dewasa. Kebanyakan dari mereka tidak menyadarinya. Banyak dari mereka yang tidak mengetahui kalau penglihatan buram merupakan suatu kelainan. Banyak anak didiagnosa mengalami gangguan penglihatan ketika mereka menginjak usia sekolah ketika mulai kesulitan membaca. Sebenarnya anak ini  sudah mengalami gangguan penglihatan sebelum usia sekolah.
Orang tua harus waspada bila melihat anak memperlihatkan gejala dan tanda seperti dibawah ini:
11.      Sering juling ketika membaca dan melihat
22.      Selalu membaca sesuatu/menonton TV dari jarak yang sangat dekat
  3.      Mengeluhkan pusing dan sakit di sekitar mata
  4.      Selalu mengucek-ngucek mata atau mata terlihat merah
  5.      Mata merah dan berair tanpa sebab yang jelas
66.      Adanya gangguan perkembangan dalam pendidikan di sekolah.
77.      Adanya riwayat mata malas (amblyopia) di keluarga
88.      Adanya riwayat auto-imunne disease yang mempengaruhi penglihatan
99.      Adanya keluhan penglihatan ganda
110. Adanya keluhan juling kedalam ataupun keluar
111. Adanya kelainan posisi kepala saat melihat pada arah tertentu

Dengan memeriksakan anak ke dokter spesialis mata khususnya dokter mata anak maka dapat diketahui berbagai kelainan penglihatan pada anak dan memberikan solusinya.

Disarankan agar pemeriksaan mata anak pertama kali dilakukan pada usia 6 bulan kemudian pemeriksan tambahan secara rutin setidaknya minimal dua kali dalam setahun sebelum berumur 3 tahun dan sebelum usia sekolah. Apabila tidak ditemukan kelainan, paling tidak dilakukan pemeriksaan setiap dua tahun sekali. Anak dengan adanya riwayat gangguan penglihatan pada keluarga merupakan risiko tinggi mempunyai gangguan penglihatan sehingga diperlukan pemeriksaan yang lebih intensif

Ditulis oleh : 
Dokter Sub Spesialis Mata Rumah Sakit Antam Medika
Prof DR Dr Farida Sirlan, SpM (K) 

2 komentar

Posts a comment

 
© Antam Medika
Designed by Team AntamMedika
Back to top