Minggu, 20 Oktober 2013

APA ITU PENYAKIT AUTOIMUN ?

Kasus Autoimun di Jakarta semakin meningkat tercermin dari meningkatkan pasien rawat jalan dan rawat inap di semua rumah sakit besar terutama di Jakarta.

Oleh sebab itu dibutuhkan penanganan yang serius secara komperhensif dan berkesinambungan. Dengan tenaga spesialistik di bidang imunology masih minim di Indonesia maka RS Antam Medika membantu memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan secara prima dengan menyediakan tenaga spesialistik yang ahli di bidang imunology dengan fasilitas penunjang yang sangat baik.

APA ITU PENYAKIT AUTOIMUN ?


Autoimun suatu kondisi di mana sistem iimun (kekebalan) menyerang sel (bagian) tubuh sendiri. Terdapat lebih dari 100 macam penyakit autoimun yang telah diketahui. Contoh yang sering pada perempuan yaitu penyakit lupus. Contoh penyakit autoimun lain yaitu miasthenia gravis (kelumpuhan otot), vaskulitis (peradangan pembuluh darah), dan sindrom antifosfolipid (peradangan pembuluh darah), dan sindrom antidarah mudah menggumpal). Perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit autoimun.



Penyakit autoimun muncul merupakan hasil kombinasi darifaktor genetik dan lingkungan. Penyakit autoimun dapat muncul karena dipicu oleh virus/bakteri atau karena zat kimia tertentu pada seseorang yang rentan terkena penyakit autoimun (memiliki kelainan genetik).

BAGAIMANA GEJALA ORANG YANG TERKENA PENYAKIT AUTOIMUN

Gejala yang muncul beragam tergantung jenis penyakit autoimun dan organ tubuh yang terkena :
1. Bila mengenai sel darah merah, pasien dapat mengeluh lemas karena kurang darah.
2. Bila mengenai mata, pasien dapat mengeluh hilangnya penglihatan.
3. Bila mengenai saraf, pasien dapat datang dengan kelumpuhan.
4. Kondisi tertentu harus mengarahkan pada kecurigaan adanya penyakit autoimun. Sebagai contoh yaitu lupus eritematosus sistemik (SLE). Kemungkinan adanya SLE harus dipikirkan pada seorang perempuan yang menderita demam lama yang tidak sembuh dengan pengobatan antibiotika, yang disertai gejala nyeri sendi dan sariawan berlubang.

APA YANG HRUS DILAKUKAN BILA TERDAPAT GEJALA DIATAS
  • Konsultasikan kepada dokter anda, atau ke RS Antam Medika karena kami mempunyai dokter umum, spesilaistik dan subspesialistik yang lengkap, hubungi customer service RSAM telp 021-2937 8939
  • Anda dapat langsung ke Klinik Imunologi RS Antam Medika dengan pelayanan terpadu baik rawat jalan atau rawat inap dalam upaya peningkatan pelayanan prima di RS Antam Medika
  • Pasien dianjurkan untuk tidak sembarangan mengonsumsi jamu atau suplemen karena dapat memburuk kondisi penyakitnya.
  • JAUHI MEROKOK. Merokok merupakan salah satu zat lingkungan yang paling poten mempengaruhi penyakit autoimun. Rokok dapat meningkatkan risiko autoimon hingga 21 kali lipat (Harel M,2006)
  • HINDARI STRES. Stres dapat merupakan pencetus penyakit autoimun. Penelitian mendapatkan bahwa stres fisik dan psikologis dapat merupakan faktor pencetus dan penyebab eksaserbasi penyakit autoimun.
TANYAKAN DENGAN SPESIALIS IMUNOLOGI KAMI :
Dr Nanang Sukmana, SpPD K-AI, FINASIM 
Dr Alvina Widhani, SpPD 

1 komentar

  1. Selamat malam, sekedar informasi bagi bpk/ibu. Apakah anda sudah mengetahui kekurangan molekul transfer factor pada tubuh akan mengakibatkan penyakit autoimmune spt arthritis, Lupus, alzheimer, Diabetes Melitus, Autis, ADD, ADHD, Asthma dsb.
    Informasi lebih lanjut hubungi 0812-785-12345 atau pin bb 599EEDAD
    Semoga bermanfaat. Tks

    BalasHapus

Posts a comment

 
© Antam Medika
Designed by Team AntamMedika
Back to top