Jumat, 04 April 2014

Fakta Kesehatan Gigi Saat Hamil

Banyak isu beredar mengenai “ibu hamil tak boleh melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi”. Akibatnya, tak sedikit ibu hamil yang termakan oleh isu tersebut dan berakibat sebagian ibu hamil mengalami masalah dengan giginya selama kehamilan. 
 
Sakit gigi selagi hamil tentu saja tak enak. Bukan hanya rasa sakit yang amat sangat menggangu kenyamanan Anda selama hamil, penanganan dan pengobatan gigi pada ibu hamil tentu akan menjadi sulit karena, ibu hamil tak bisa sembarang mengonsumsi obat-obatan. 
 
Maka dari itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi sebelum hamil dan saat hamil. Ada beberapa keluhan yang sering disampaikan ibu hamil mengenai masalah dengan giginya seperti, gusi bengkak, gusi berdarah, dan gigi berlubang. Simaklah penjelasan dibawah ini.
 
Radang gusi
Tak sedikit ibu hamil yang mengalami gusi bengkak hingga gusi yang berdarah selama kehamilannya. Perubahan dan peningkatan hormon, terutama hormon progesteron pada tubuh ibu hamil dipercaya sebagai salah satu penyebab terjadinya radang gusi selama kehamilan. Perubahan hormon yang besar dapat mengakibatkan jaringan gusi melunak, sehingga membuat gusi mudah berdarah. Pada kasus ini, gejala yang umumnya muncul, seperti gusi terlihat kemerahan, terjadi pembengkakan pada gusi, dan terlihat berdarah.
 
Gigi berlubang
Masalah gigi berlubang juga sering ditemukan pada ibu hamil. Penyebab gigi berlubang pada ibu hamil, tidak berbeda dengan kasus gigi berlubang pada umumnya, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis, tidak membersihkan gigi secara baik dan benar sehingga banyak meninggalkan sisa makanan di sela-sela gigi yang akhirnya memicu bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.
 
Pada kasus ini, ibu hamil sangat disarankan untuk mengambil tindakan penambalan. Tindakan penambalan tersebut harus segera dilakukan sebelum lubang pada gigi Anda menjadi tambah besar. Tapi yang perlu Anda ingat, bicarakanlah pada dokter bahwa Anda sedang hamil.
 
Melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi memang sangat dianjurkan untuk dilakukan ibu sebelum hamil dan saat hamil. Akan tetapi, yang harus menjadi perhatian penting adalah hindari mengambil tindakan pencabutan gigi saat trimester satu dan tiga, karena pencabutan gigi dapat memicu terjadinya kontraksi. Apabila tindakan pencabutan gigi memang harus segera dilakukan, tindakan tersebut dapat dilakukan saat usia kehamilan Anda memasuki trimester kedua atau setelah Anda melahirkan.
 
Hasil interview dengan drg. Nadriati yang berpraktik di RS Antammedika
 
 

0 komentar

Posts a comment

 
© Antam Medika
Designed by Team AntamMedika
Back to top