Jumat, 04 Oktober 2013

Menyikat Gigi? Sering Diabaikan namun Memiliki Peran Penting!

Oleh drg. Harsoyo Brotowijoyo, dokter spesialis Bedah Mulut



Rongga mulut terdiri dari gigi, lidah, gusi dan mukosa mulut. Gigi berfungsi untuk mengunyah, lidah untuk mengecap makanan, gusi berfungsi menutupi jaringan penyangga  sedangkan mukosa mulut tempat bermuaranya air liur.
Organ tersebut diatas perlu dirawat agar dapat berfungsi maksimal sehingga akan didapat tubuh yang sehat dan menjadikan tetap percaya diri dalam pergaulan. Dewasa ini banyak yang menyepelekan pentingnya menyikat gigi serta menjaga kesehatan mulut. Padahal, kesehatan gigi dan mulut memegang peran yang cukup penting dalam kesehatan seutuhnya. Cukup dilakukan 2x sehari yaitu pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur dengan teknik yang benar, anda sudah peduli dengan kesehatan anda.
Mengapa demikian?? Bila rongga mulut tidak dirawat dapat menyebabkan gigi berlubang, gusi mudah berdarah, bau mulut. Tidak hanya itu bakteri-bakteri rongga mulut dapat menyebar ke organ-organ tubuh lainnya.

Mengapa hal-hal tersebut dapat terjadi? Sisa makanan yang menempel pada gigi dan tidak dibersihkan akan menjadi plak dan timbul karang gigi. Apabila diabaikan, bakteri-bakteri yang ada pada karang gigi bersama aliran darah ikut menyebar ke seluruh tubuh. Hal tersebut yang apabila didiamkan terus menerus akan memicu penyakit-penyakit pada gigi, jaringan penyangga gigi (gusi bengkak serta mudah berdarah, gigi goyang) juga bisa menyebabkan penyakit pada jantung (infeksi pada katup jantung), persendiaan (rematik), ginjal (gagal ginjal), infeksi pada liver, dan infeksi pada otak yang kemudian dapat menyebabkan koma.
Penyakit-penyakit tersebut diatas memang tidak menimbulkan gejala di awal, namun akan menimbulkan gejala beberapa tahun kemudian. Oleh karena itu, menyikat gigi dan memeriksakan gigi 6 bulan sekali ada suatu keharusan supaya kita tercegah dari penyakit-penyakit tersebut diatas.
Kami di Rumah Sakit Antam Medika menyediakan dokter-dokter spesialis gigi yang berkompeten di bidang masing-masing, yang dapat membantu anda mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang berawal dari permasalahan gigi.
Rumah Sakit Antam Medika terletak di Jalan Pemuda Raya No. 1A, Jakarta Timur. Bila ada pertanyaan lebih lanjut atau ingin membuat perjanjian dengan dokter kami, anda dapat mengontak di nomor 021 – 29378939.

“Antammedika Melayani Sepenuh Hati”


0 komentar

Posts a comment

 
© Antam Medika
Designed by Team AntamMedika
Back to top